Senin, 06 Januari 2014

TERJEMAHAN TEKS

BAB V
TERJEMAHAN TEKS

1.      Ilmu Penerjemahan

Penerjemahan teks lisan kebahasa Indonesia ( bahasa lain ) tentulah tidak boleh dibuat asal jadi saja. Dalam hubungan ini seorang peneliti sedikit banyak harus pula memahami perihal ilmu penerjemahan. Untuk keperluan ini tentu saja buku seperti The Theory and Practice of Translation ( Erill, Leidon, 1974 ) karangan Eugene A. Nide dan Charles R. Eateri atau buku – buku lain yang penting perlu sekali dibaca oleh penerjemah.

Dalam bab ini tidak akan diuraikan bagaimana cara menerjemahkan yang baik sebab hal ini diluar wewenang penulis. Disini penulis hanya dapat menganjurkan, bagi peneliti yang terlibat penerjemahan sebaiknya tak perlu malu dan ragu – ragu bertanya pada ahlinya, yaitu ahli penerjemahan teks.

2.      Penyajian Terjemahan Teks

Penyajian teks dalam laporan dapat diklasifikasikan dalam dua bagian. Pertama, teks yang berbentuk prosa; dan Kedua, teks yang berbentuk puisi.

Untuk cerita, penerjemahan teks dapat ditempatkan disamping kanan teks asli; atau ditempatkan tersendiri dihalaman lain. Hal ini bergantung pada permintaan, atau untuk memudahkan kerja ( bila waktunya sudah mendesak ).

Bila teks terjemahan itu diletakkan disamping teks asli, maka skemanya sebagai berikut :


Bila bahan yang diteliti itu berupa puisi, maka terjemahan itu dapat berupa terjemahan kata demi kata yang ditempatkan dibawah teks asli; kemudian disusul dengan terjemahan bebas.
Strukturnya akan berujud sebagai berikut :

Alon – alon                   asal                  kelakon
Pelahan – lahan             asalkan             terjalani

Terjemahan bebas : ( Mengerjakan pekerjaan dengan ) perlahan – lahan, ( hal itu tak apalah ) asalkan ( apa yang dikerjakan itu ) terjalani ( tercapai ).


Terjemahan kata demi kata itu untuk menunjukan makna leksikal kata – kata yang bersangkutan, sedangkan terjemahan bebas untuk menunjukan atau mengetahui makna kata dalam hubungannya dengan kalimat ( ungkapan atau bukan ). Dengan begitu penyajian teks akan lengkap dan mudah dipahami orang.

SUMBER

0 komentar :

Posting Komentar

 
Design by Blogger Indonesia | Bloggerized by Pratama